Manfaat Jus Seledri Dan Wortel Ampuh Turunkan Asam Urat, Hipertensi Dan Kolesterol

Jus seledri campur wortel bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat, kolesterol, dan tekanan darah tinggi berkat kandungan senyawa 3-n-butilpthalida dan serat larut jenis kalsium pektat. Seledri juga mengandung senyawa acetylenics dan phenolic acid yang dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker maupun sel tumor.

Wortel sebagai campuran jus seledri mempunyai kandungan farcarinol dan falcarindiol yang bersifat antikanker.

Nyatanya, manfaat jus seledri dan wortel bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini berkat kandungan vitamin, nutrisi dan beragam fitonutrien yang terkandung di dalamnya.

Jus seledri wortel bermanfaat untuk kesehatan

Jus seledri campur wortel bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat, kolesterol, dan tekanan darah tinggi


Ada dua jenis sayuran seledri yang bisa diolah menjadi jus sehat. Yang pertama seledri batang besar (celery stick) dengan tekstur batang renyah dan banyak mengandung air. Seledri jenis ini umumnya tersedia di supermarket.

Yang kedua adalah jenis seledri biasa dengan ukuran batang lebih kecil. Bagian daunnya digunakan sebagai campuran masakan sehari-hari.

Jus seledri yang dibuat dari seledri batang besar maupun daun seledri sama-sama memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan.


Manfaat Minum Jus Seledri Dan Wortel Setiap Hari

  1. Menurunkan kadar asam urat
  2. Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh.

    Meminum jus seledri campur wortel akan membantu tubuh menurunkan kadar asam urat tinggi dengan membuangnya melalui air seni.

  3. Mencegah dan mengatasi perkembangan sel kanker
  4. Seledri dan wortel merupakan dua jenis sayuran yang mengandung zat antikanker. Zat-zat anti kanker tersebut adalah falcarinol, falcarindiol, flavonoid dan polyacetylenes.

  5. Menurunkan kolesterol dan trigliserida
  6. Potongan seledri dan wortel

    Potongan seledri dan wortel

    Kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, dan hipertensi.

    Berkat kandungan senyawa 3-n-butylphthalide (BuPh) dalam jus seledri dan wortel maka kolesterol lipoprotein, kolesterol total, dan konsentrasi trigliserida bisa diturunkan kadarnya.

  7. Membantu menurunkan berat badan berlebih
  8. Bagi anda yang sedang menjalankan diet, minum jus seledri wortel dapat membantu anda dalam mengontrol nafsu makan.

    Kandungan serat dalam jus sehat membutuhkan waktu cerna lebih lama sehingga mencegah berat badan naik.

  9. Menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Jus seledri berkhasiat untuk hipertensi

    Jus seledri berkhasiat untuk hipertensi

    Jika dibiarkan tanpa diobati, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

    Untuk menjaga tekanan darah pada angka normal, anda bisa meminum jus penurun darah tinggi yang terbuat dari bahan seledri dan wortel.

  11. Mencegah stroke
  12. Salah satu penyebab terjadinya stroke adalah adanya penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri sehingga peredaran darah dan oksigen dari arteri ke otak terhambat.

    Jus seledri yang dicampur wortel mengandung senyawa L-tryptophan yang bersifat antioksidan untuk mencegah terjadinya penyempitan dan penebalan arteri.

  13. Menjaga kesehatan sendi
  14. Mineral silikon pada seledri merupakan zat nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, sendi, arteri dan jaringan ikat.

  15. Menjaga kesehatan mata
  16. Dalam 100 g seledri terkandung 494 IU vitamin A , semakin hijau daunnya maka semakin tinggi pula kandungan vitamin A di dalamnya.

    Sementara manfaat jus wortel untuk mata minus sudah dikenal sejak dulu berkat tingginya kandungan beta karoten (provitamin A) yang mencapai 15.000 IU.

  17. Membuat kulit lebih glowing
  18. Senyawa L-tryptophan dan beta karoten dalam jus seledri wortel berkhasiat mengeluarkan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit, mencerahkan kulit dan menghambat proses penuaan.

  19. Membantu tubuh melakukan detoksifikasi
  20. Detoks adalah proses metabolisme tubuh untuk membuang kotoran, racun, serta berbagai macam zat asing berbahaya melalui media keringat, urin, fases, dan pernapasan.

    Wortel dan seledri termasuk sayuran yang baik untuk dibuat jus detoks berkat sifatnya yang diuretik serta mengandung fitokimia Fithalide.

  21. Mengobati batuk dan pilek
  22. Batuk dan pilek disebabkan oleh bakteri dan virus yang berkembang biak saat daya tahan tubuh menurun, terutama saat peralihan musim.

    Mengkonsumsi jus seledri wortel saat mengalami batuk dan pilek akan memberikan asupan vitamin dan mineral yang berguna untuk kontraksi saluran pernapasan sekaligus memberikan efek dingin atau sejuk pada paru-paru.



Cara Membuat Jus Seledri Dan Wortel

Kami menggunakan bahan tambahan lemon sebagai campuran jus. Selain menjadikan rasa jus lebih enak, lemon mengandung beragam vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, flavonoid dan serat.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan lemon pada jus seledri wortel buatan anda.

Jus seledri dan wortel
Bahan-bahan :
  • 3 wortel
  • 3 seledri batang besar
  • ½ buah lemon
  • Potongan es batu secukupnya

Cara membuat jus :
  1. Cuci seledri dan wortel secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih kemudian potong-potong.
  2. Kupas lemon, masukkan semua bahan buah dan sayur ke dalam juicer.
  3. Proses hingga sarinya keluar, sajikan segera jus dengan potongan es batu.

Catatan :
  • Jika menggunakan mesin blender, anda bisa menambahkan air dingin ½ gelas. Blender hingga halus kemudian saring jus dan buang ampasnya.
  • Jenis seledri yang kami gunakan adalah seledri batang besar (celery stick), anda bisa membeli di supermarket sekitar tempat tinggal anda.
  • Minumlah jus saat perut masih kosong sekitar 30 menit – 1 jam sebelum makan agar zat gizi di dalamnya bisa diserap optimal oleh tubuh.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar