Begini Cara Membuat Jus Wortel Susu Tanpa Khawatir Berat Badan Naik | Resep Jus Sehat

Manfaat jus wortel ditambah susu dapat menjaga kesehatan mata, mencegah kanker, merawat kulit, dan meningkatkan kesuburan.

Beragam manfaat kesehatan tersebut bersumber dari vitamin dan mineral dalam sayuran wortel - bukan hanya vitamin A saja.

Cara membuat jus wortel susu yang enak dan banyak manfaat sebaiknya menggunakan susu low fat (rendah lemak) dalam resep pembuatannya.

Waktu terbaik minum segelas jus sehat adalah saat perut masih kosong, misalkan di pagi hari sebelum sarapan. Tujuannya agar tubuh dapat menyerap zat gizi dalam jus secara optimal, kemudian diedarkan oleh aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

Begitu pun dengan jus wortel campur susu. Direkomendasikan untuk diminum 1 - 2 jam sebelum sarapan pagi atau malam hari menjelang tidur.

Cara membuat jus wortel campur susu low fat

Resep jus wortel susu low fat tidak menyebabkan berat badan bertambah


Wortel yang merupakan akar tunggang (umbi) berwarna jingga memiliki beragam jenis nutrisi dan zat gizi berkhasiat.

Sebatang wortel ukuran sedang mengandung 15000 IU beta karoten. Setiap 100 g wortel mentah menyediakan 41 kalori dengan 9,6 g karbohidrat, 4,5 g gula dan 3 g serat.

Jus sehat yang dibuat dari wortel dan susu tidak hanya kaya akan vitamin A. Faktanya ada juga vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan vitamin C.

Sedangkan jenis mineral bermanfaat di dalamnya yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Jangan heran bila manfaat jus wortel bisa dikatakan sangat banyak dan anda akan menyesal jika tidak pernah sekali pun meminum jus sehat dari wortel.


Apa Saja Manfaat Minum Jus Wortel Campur Susu?

Banyaknya vitamin A dalam wortel berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, mempertajam penglihatan dan memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.

Selain wortel, bahan makanan lain yang banyak mengandung vitamin A adalah tomat. Cara membuat jus wortel dan tomat sangat mudah. Anda tinggal menghaluskan kedua bahan tersebut dengan mesin blender, kemudian tambahkan sirup gula atau madu sebagai pemanis.

  1. Di dalam jus wortel juga terkandung antioksidan berupa beta karoten, manfaatnya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, menyehatkan jantung, meningkatkan kesuburan, merawat kulit dan menghambat proses penuaan (anti aging).
  2. Jus wortel susu juga baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan kalsium pektat, jenis serat larut berkhasiat untuk membuat kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah turun.
  3. Khusus untuk penyakit kanker payudara, jus wortel mengandung senyawa falcarinol serta falcarindiol yang bersifat antikanker dan terbukti ampuh melawan sel kanker payudara. Akan lebih berkhasiat jika jus wortel dicampur melon dan labu kuning.

Meminum jus wortel campur susu di malam hari bermanfaat untuk mencegah sembelit saat anda terbangun di pagi hari. Serat yang terkandung dalam wortel dapat menaikkan volume fases hingga 25% sehingga urusan sembelit terselesaikan.

Karena jenis susu yang digunakan sebagai campuran jus wortel adalah susu rendah lemak atau low fat, maka tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Jika anda ingin menjalankan terapi diet dengan jus sehat, silahkan lihat resep-resep jus diet terbaik dari kami pada halaman ini.


5 from 12 reviews

Jus Wortel Susu


Indonesian
 
Jus Wortel Campur Susu
Waktu penyajian
Total waktu
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 122 kkal

Kategori : Jus sayur
wortel, susu, mix jus
Bahan-bahan :
  • 200 gram wortel
  • 100 ml susu rendah lemak
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu
Cara membuat jus wortel susu :
  1. Cuci wortel secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  2. Gunakan mesin juicer atau juice extractor untuk mendapatkan sari wortel.
  3. Tidak ada juicer? Tidak masalah. Gunakan cara sederhana berikut ini :
  4. Blender wortel dengan tambahan air secukupnya.
  5. Kemudian, pisahkan jus wortel dari ampasnya dengan menuangkan jus melalui saringan santan, saringan kopi atau kain tipis ke dalam wadah lalu buang ampasnya.
  6. Jika perlu, tekan saringan menggunakan sendok atau peras kain untuk mendapatkan sari sebanyak mungkin.
  7. Campur sari wortel dengan susu, aduk-aduk.
  8. Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Berkat susu rendah lemak, jus wortel campur susu tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Justru bermanfaat bagi kesehatan mata, merawat kulit dan kaya zat antioksidan untuk mencegah kanker
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.