17 Manfaat Jus Pepaya Yang Sudah Terbukti Dan Teruji Secara Medis - Resep Jus Sehat

Dari hasil penelitian medis, manfaat jus pepaya mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya terutama jenis kanker payudara.

Manfaat anti kanker tersebut bersumber dari zat antioksidan dan enzim papain dalam buah pepaya.

Selain berkhasiat mengatasi kanker, meminum segelas jus pepaya juga baik bagi kesehatan karena mampu merawat fungsi dan kinerja organ penting tubuh.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, manfaat jus pepaya untuk diet berasal dari serat tidak larut jenis pektin. Jenis serat tidak larut akan mengurangi penumpukan lemak di tubuh dengan cara menyerap kelebihan lemak untuk kemudian dibuang melalui usus besar.

Buah pepaya mengandung zat gizi yang lengkap terutama sebagai sumber vitamin C dan betakaroten. Sedangkan zat non gizi (fitokimia) dalam pepaya yang paling berkhasiat adalah Karotenoid jenis Likopen.

Lantas, apa saja manfaat jus buah pepaya untuk kesehatan yang sudah terbukti dan teruji melalui penelitian medis? Yuk! Baca dan share informasi berharga berikut ini.

Manfaat jus pepaya untuk kesehatan tubuh

Sebagai buah yang memiliki kandungan zat gizi lengkap, pepaya sangat cocok dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut.

Seperti halnya jus tomat yang kaya fitokimia likopen, jus pepaya juga mengandung sejumlah fitokimia yang bermanfaat anti kanker.

Namun demikian, zat fitokimia likopen hanya terdapat pada buah pepaya yang berwarna merah. Sedangkan pepaya berwarna kuning mengandung karotenoid jenis cryptoxantin dan karotena.

Selain bermanfaat anti kanker, manfaat jus pepaya campur tomat adalah meningkatkan sistem imun, mengobati anemia, menyehatkan sendi, menurunkan asam urat, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, merawat kesehatan mata, dan meningkatkan proses detoks racun sisa metabolisme.

Jenis enzim yang hanya terdapat pada buah pepaya adalah enzim papain.

Enzim papain berguna untuk membantu tubuh dalam memecah protein menjadi arginin.

Arginin adalah asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh namun dibutuhkan untuk mendukung fungsi-fungsi tubuh seperti mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan.

Pepaya masak dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah segar pencuci mulut.

Atau diolah menjadi beragam jenis kuliner seperti jus buah, puding, agar-agar, es buah, campuran rujak dan lain sebagainya.

Mengkonsumsi pepaya dalam bentuk jus buah memiliki keunggulan tersendiri yaitu proses penyerapan zat gizi maupun zat non gizi (fitokimia) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh akan berjalan lebih cepat.


Inilah 17 Manfaat Jus Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke
  2. Antioksidan dalam jus pepaya berkhasiat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Seperti diketahui bahwa kolesterol yang teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah yang kemudian dapat memicu serangan jantung dan stroke.

    Manfaat buah pepaya untuk menyehatkan jantung akan lebih optimal jika diolah menjadi jus pepaya mix nanas.

  3. Membantu menurunkan berat badan
  4. Manfaat jus pepaya untuk diet berasal dari kandungan serat tidak larut air dan enzim papain.

    Serat jenis pektin berguna menyerap kelebihan lemak dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sedangkan enzim papain berperan penting dalam mengurangi penumpukan lemak di perut, lengan maupun bagian tubuh lain.

    Jus pepaya campur lemon sangat cocok dijadikan sebagai jus diet karena rendah kalori yaitu 160 kkal, mengandung zat asam malat, asam sitrat, serat dan air yang berguna untuk menurunkan berat badan.

  5. Menyehatkan sistem pencernaan
  6. Di dalam perut, serat tidak larut akan membentuk gel sehingga bermanfaat untuk menangkap zat-zat sisa metabolisme maupun bakteri yang tidak berguna dalam tubuh kemudian dikeluarkan bersama dengan feses.

  7. Menurunkan resiko munculnya kanker
  8. Jus pepaya mampu menurunkan resiko kanker kolon berkat kandungan serat yang berguna membersihkan usus besar dari zat-zat tidak berguna sisa metabolisme.

    Asam amino esensial dalam segelas jus buah pepaya yang bernama arigin juga memiliki khasiat anti kanker, utamanya kanker payudara.

  9. Mencegah dan mengobati penyakit bronkitis
  10. Bronkitis adalah penyakit peradangan yang terjadi di cabang batang tenggorokan. Jus pepaya campur buah stroberi memiliki khasiat untuk mencegah sekaligus mengobati bronkitis.

  11. Mengatasi radang amandel
  12. Radang pada amandel disebabkan adanya infeksi virus dan bakteri. Jus pepaya yang dibuat tanpa campuran es dapat mengatasi pembengkakan pada amandel jika dikonsumsi secara teratur.

  13. Menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak
  14. Buah pepaya kaya vitamin A yang bermanfaat

    Dalam 100 g buah pepaya matang terkandung 142 SI vitamin A. Kombinasi vitamin A dan vitamin C dalam jus pepaya memiliki manfaat nyata untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah munculnya katarak.

    Jus pepaya campur sari wortel mengandung vitamin A tinggi dan beta karotenoid : lutein yang berkhasiat menghambat degenerasi sel mata sehingga penyakit mata seperti katarak maupun rabun bisa dicegah kemunculannya.

  15. Membantu melancarkan menstruasi
  16. Bagi seorang wanita, manfaat minum jus pepaya dapat melancarkan aliran darah, mengurangi kram saat menstruasi, dan mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

  17. Merawat kulit dan menguatkan rambut
  18. Kandungan mineral dan vitamin dalam jus pepaya berkhasiat menguatkan rambut dari akarnya dan mendorong metabolisme sel kulit sehingga kulit terlihat lebih segar, cerah bersinar.

  19. Mengatasi morning sickness ibu hamil
  20. Wanita yang sedang hamil seringkali mengalami gejala morning sickness seperti mual di pagi hari. Meminum segelas jus pepaya akan mengatasi masalah tersebut.

  21. Melancarkan ASI ibu menyusui
  22. Konsumsi jus pepaya oleh ibu menyusui berguna untuk melancarkan ASI, memperbanyak produksi ASI, meningkatkan mutu dan kualitas air susu ibu.

  23. Mengatasi tekanan darah tinggi
  24. Manfaat mineral jus pepaya dapat menurunkan tekanan darah

    Dari kandungan mineral dalam jus buah pepaya, terdapat rasio yang baik antara kalium dan natrium. Rasio kalium terhadap natrium yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

  25. Mempercepat penyembuhan demam berdarah
  26. Hasil penelitian medis menyebutkan bahwa jus pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit bagi pasien demam berdarah. Hal ini sangat membantu dalam proses penyembuhan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

  27. Baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia
  28. Enzim papain dalam jus pepaya bermanfaat untuk mempercepat proses pencernaan protein. Hal ini sangat membantu lansia dalam mencerna asupan protein dari makanan, terlebih lagi jus buah pepaya mudah dicerna dan rasanya manis.

  29. Membantu menurunkan kadar kolesterol
  30. Kadar lemak kolesterol di pembuluh darah yang berlebih akan diambil oleh hati untuk kemudian diubah menjadi cairan empedu. Dengan demikian, manfaat minum jus pepaya dapat menurunkan kolesterol yang tinggi.

  31. Meningkatkan sistem imun tubuh
  32. Kadar vitamin C dalam jus buah pepaya adalah 48 kali lipat buah apel, atau 2 kali lipat buah jeruk.

    Jadi tidak mengherankan jika manfaat jus pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi penyakit seperti sariawan, flu, dan menurunkan panas demam.

  33. Membantu proses detoksifikasi
  34. Enzim papain juga bermanfaat membantu pengaturan asam amino dan mengeluarkan racun tubuh (detoksifikasi).

    Agar khasiat untuk detoksifikasi lebih optimal sebaiknya jus pepaya dicampur buah tomat yang sudah direbus atau dikukus sebentar. Jus pepaya campur tomat mengandung zat detoks yaitu Likopen dan Enzim protease.



Jus Pepaya Campur Sari Wortel Untuk Mata

Bahan-bahan :
Jus Pepaya Campur Sari Wortel Untuk Mata
  • 300 g wortel
  • 100 g pepaya
  • Air dingin secukupnya
  • Es serut jika suka

Cara membuat jus pepaya sari wortel :
  • Ambil sari wortel menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Masukkan sari wortel dan pepaya ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan dalam gelas, tambahkan es serut agar jus lebih segar.
  • Lihat juga : Aneka jus wortel untuk mata


Jus Pepaya Stroberi Untuk Bronkitis

Bahan-bahan :
Jus pepaya mix stroberi untuk bronkitis
  • 75 g buah pepaya
  • 30 g buah stroberi
  • ½ gelas air putih

Cara membuat jus pepaya stroberi :
  • Cuci buah stroberi dengan air mengalir, potong-potong pepaya.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Proses hingga halus dan tercampur rata.
  • Sajikan jus tanpa es batu.


Jus Pepaya Campur Tomat

Jus pepaya campur tomat kaya manfaat kesehatan

Bahan-bahan :
  • 1 potong (100 g) pepaya
  • 5 buah (500 g) tomat
  • Air dingin secukupnya

Cara membuat jus pepaya tomat :
  • Cuci tomat secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Rebus tomat selama 5 – 10 menit hingga kulitnya terkelupas.
  • Ambil sari tomat menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Masukkan sari tomat dan pepaya ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan jus segera atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.


Jus Pepaya Mix Nanas Untuk Jantung

Jus pepaya mix nanas

Bahan-bahan :
  • 1 potong (100 g) pepaya
  • ½ buah (190 g) nanas
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu

Cara membuat jus pepaya nanas :
  • Ambil sari buah nanas menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air dingin, kemudian saring ampasnya.
  • Campurkan sari buah nanas, pepaya dan es batu ke dalam blender.
  • Proses hingga halus dan tercampur rata.
  • Sajikan segera atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.


Jus Pepaya Lemon Untuk Diet

Jus Pepaya Lemon Untuk Diet

Bahan-bahan :
  • 200 g pepaya
  • 200 g lemon
  • Potongan es batu

Cara membuat jus pepaya lemon untuk diet :
  • Potong-potong pepaya, kemudian peras buah lemon dan ambil airnya.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan jus segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.


Efek Samping Jus Pepaya Yang Harus Diperhatikan

Wanita hamil dilarang mengkonsumsi jus pepaya mengkal karena sifatnya yang abortivum (meluruhkan kandungan).

Jenis gula pada buah pepaya sebagian besar adalah sukrosa dan glukosa. Jumlah tersebut semakin bertambah banyak seiring semakin matangnya buah pepaya.

Sukrosa dan glukosa adalah karbohidrat sederhana dengan nilai indeks glikemik tinggi sehingga dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan, apalagi bagi seseorang yang menderita diabetes mellitus (kadar gula darah tinggi).

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menambah gula saat membuat jus pepaya. Akan lebih baik jika memilih buah yang tidak terlalu matang.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar