Terbukti! Buah Penambah Darah Ini Paling Ampuh Untuk Pembentukan Sel Darah Merah

Anemia adalah suatu keadaan dimana kualitas dan kuantitas darah tidak normal yang ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah sel darah merah sehingga mempengaruhi kandungan hemoglobin (Hb).

Keadaan ini bisa diatasi atau diobati dengan mengkonsumsi buah penambah darah yang mengandung zat besi, vitamin C, dan asam folat.

Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk menambah darah adalah pepaya.

Alasannya adalah buah pepaya termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan zat besi di atas 1 miligram (mg) dengan kadar vitamin C tinggi.

Selain itu, penderita kurang darah (anemia) sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi bahan makanan yang kaya protein agar proses pembentukan hemoglobin lebih cepat.

Buah bit salah satu buah penambah darah yang paling ampuh

Buah-buahan yang mengandung zat gizi berupa zat besi, asam folat, dan vitamin C bisa disebut sebagai buah penambah darah.

Hal ini bukan tanpa alasan.
  • Zat besi berguna untuk pematangan eritrosit atau sel-sel darah merah.
  • Asam folat untuk membentuk sel-sel darah merah.
  • Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan penyerapan dan metabolisme zat besi dalam tubuh.

Jangan lupakan juga protein yang banyak terdapat pada bahan makanan seperti kacang hijau, sari kedelai, susu, tempe, almond, dan flax seed.

Lihat juga : Resep jus penambah darah dari buah dan sayuran

Fungsi protein dalam konteks menambah kadar sel darah merah adalah membangun globin yang nantinya akan berikatan dengan dengan hem menjadi hemoglobin.

Rendahnya kadar Hb darah menyebabkan tubuh mengalami hipoksia sebagai akibat dari berkurangnya kemampuan sel darah mengangkut dan mengedarkan oksigen.

Efeknya, konsentrasi menurun karena tidak sampainya oksigen ke jaringan otak sehingga produktivitas menurun.


Penyebab Dan Tanda-Tanda Seseorang Mengalami Kurang Darah

Penyakit kurang darah atau dikenal dengan istilah Anemia disebabkan oleh kekurangan zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang normal.

Kekurangan zat gizi ini biasanya merupakan akibat dari pola hidup tidak sehat, pola makan sembarangan, stres berlebih, kurangnya waktu istirahat (tidur) dan sebagainya.

Kelompok usia yang membutuhkan asupan buah penambah darah karena rentan terkena anemia adalah bayi, anak-anak, wanita remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan atlet wanita.

Bagaimana cara mengetahui seseorang mengalami kurang darah?

Lihatlah tanda tandanya yaitu : mudah lelah, letih, lesu, lemas, dan lunglai, sulit berkonsentrasi dan selanjutnya akan menyebabkan sel-sel mudah mengalami gangguan fungsi dan kerusakan.


10 Buah Penambah Darah Untuk Pembentukan Sel Darah merah

  1. Alpukat
    Meskipun jumlah zat besi dalam alpukat tergolong rendah, namun kadar vitamin C nya dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Inilah yang membuat alpukat termasuk buah untuk menambah darah dan mencegah anemia.
  2. Anggur
    Kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks dalam buah anggur berkhasiat membantu pembentukan sel darah merah.
  3. Belimbing
    Buah yang berbentuk bintang jika diiris melintang ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong tinggi. Vitamin C berperan penting dalam proses pematangan sel darah merah dan meningkatkan penyerapan zat besi.
  4. Buah bit
    Dalam 100 gram buah bit terdapat 1 mg zat besi, 148 mikrogram asam folat, dan 10 mg vitamin C. Jangan heran bila manfaat buah bit untuk meningkatkan kadar hemoglobin sekaligus mengobati anemia sudah teruji dan terbukti ampuh.
  5. Kiwi
    Dalam 100 gram buah kiwi hijau terdapat 0,31 mg zat besi, 25 mikrogram asam folat, dan 92,7 mg vitamin C. Selain dikenal sebagai buah penambah darah, kiwi juga memiliki nilai indeks glikemik rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.
  6. Mangga
  7. Melon
  8. Nanas
  9. Pepaya
  10. Stroberi

Konsumsi jenis buah penambah darah di atas dibarengi pola hidup dan pola makan sehat dengan memperhatikan asupan zat gizi (terutama protein) tentu dapat mengatasi masalah kurang darah yang sedang anda alami.

Jika perlu, minumlah vitamin penambah darah yang bisa anda beli di apotek terdekat. Konsumsi vitamin dan buah-buahan secara bersamaan tentu saja aman dan tidak membahayakan kesehatan tubuh.
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.