Efek Samping Dan Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil

Bagikan :

tweet
facebook share
Konsumsi makanan dan minuman yang kaya zat gizi pada masa kehamilan akan memastikan janin dalam kandungan tercukupi asupan nutrisinya. Beetroot salah satunya, manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat serta menjaga kesehatan bunda yang sedang mengandung.

Buah bit mengandung asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan sumsum tulang belakang bayi.

Sedangkan untuk wanita yang sedang hamil, konsumsi buah bit berkhasiat memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis dan anemia serta beberapa masalah kesehatan lain yang mudah menyerang ibu hamil.

manfaat jus buah bit untuk ibu hamil

Beetroot atau lebih dikenal dengan nama buah bit bentuknya bulat atau bulat memanjang, berwarna merah keunguan dan rasanya manis jika diolah menjadi jus buah.

Cara mengolah buah bit untuk ibu hamil harus berhati-hati agar kandungan gizi di dalamnya tidak mengalami penurunan. Pengolahan dengan cara dibuat jus memakai blender atau dijadikan bahan salad akan lebih baik dibandingkan mengolah dengan dipanasi api.

Selain bit, buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu alpukat, sirsak, apel, lemon, kelapa muda, buah naga, pisang, jeruk, pepaya dan jambu biji.

Lihat juga aneka resep pilihan : Jus buah untuk ibu hamil

Meskipun kaya akan zat gizi, cara mengkonsumsi buah bit dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan ibu hamil jika tidak memperhatikan aturan pengolahan.

Efek samping tersebut bisa sementara dan bisa juga bersifat permanen.

Namun anda tidak usah khawatir, konsumsi dalam porsi yang terkontrol tidak akan membahayakan kesehatan bunda maupun bayi dalam kandungan.


10 Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil Dan Bayi Dalam Kandungan

  1. Mengurangi resiko cacat lahir pada bayi
    Bit kaya akan asam folat yang penting untuk pertumbuhan jaringan normal janin dalam kandungan ibu hamil. Tidak hanya itu, asam folat sangat penting bagi perkembangan sumsum tulang belakang bayi selama tiga bulan pertama kehamilan.
  2. Meningkatkan sistem imun wanita hamil
    Seorang wanita yang sedang hamil memiliki resiko besar terserang penyakit baik bersumber dari luar maupun dalam tubuh. Buah bit memiliki zat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang membahayakan kesehatan ibu dan bayi.
  3. Mencegah osteoporosis dan gigi keropos
    Tahukah anda, wanita hamil lebih rentan terkena osteoporosis? Bit kaya akan mineral kalsium dan silika. Jadi, makan bit selama kehamilan bermanfaat mencegah berkurangnya kepadatan kalsium pada gigi dan tulang serta mencegah risiko osteoporosis.
  4. Bermanfaat mengatur metabolisme tubuh
    Bit adalah sumber potassium yang sangat baik. Minum jus bit atau makan buah bit secara langsung akan menjaga keseimbangan cairan elektrolit dan mengontrol metabolisme dalam tubuh bunda selama kehamilan. Selain itu, metabolisme yang baik juga membantu menjaga tingkat tekanan darah pada kondisi normal.
  5. Mencegah nyeri dan pembengkakan sendi
    Bit memiliki kandungan mineral betaine yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Seringkali masalah nyeri sendi menjadi penyebab malas bergerak.

    Padahal bergerak merupakan jenis olahraga yang paling sederhana. Berkat betaine ini, ibu hamil yang mengkonsumsi buah bit akan merasakan manfaat luar biasa yaitu terhindar dari nyeri sendi dan pembengkakan yang akan menjadikan bunda tetap bebas bergerak.
  6. Memurnikan darah
    Beragam jenis mineral dan fitokimia dalam buah bit memiliki kemampuan untuk memurnikan darah. Pemurnian darah dari sisa-sisa metabolisme berguna mencegah risiko infeksi pada bayi.

    Darah yang terbebas dari sisa metabolisme juga bermanfaat meningkatkan stamina fisik bunda yang tentunya sangat bermanfaat saat melahirkan.
  7. Mencegah bunda terkena anemia
    Anemia atau kurang kadar hemoglobin dalam darah merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering diderita ibu hamil. Bit kaya zat besi yang berguna meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga anemia biasa dihindari.
  8. Mengontrol kadar glukosa darah
    Bit berisi kandungan glikemik rendah, sehingga mengkonsumsi bit selama kehamilan membantu menstabilkan kadar glukosa dalam darah.
  9. Memastikan perkembangan janin yang sehat
    Buah bit kaya vitamin A dan vitamin E. Berdasarkan hasil riset, minum jus bit pada masa kehamilan memastikan perkembangan optimal janin.
  10. Baik untuk pencernaan dan kadar kolesterol
    Mengkonsumsi bit selama kehamilan memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pencernaan dengan membantu pergerakan usus. Serat pada buah bit juga berguna untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak meningkat.

Efek Samping Konsumsi Buah Bit Bagi Ibu Hamil

Meskipun ada banyak manfaat mengkonsumsi bit selama kehamilan, ada beberapa risiko yang mungkin muncul. Berikut resiko efek samping yang bisa anda alami akibat konsumsi berlebih :
  • Betaine yang hadir dalam bit dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan masalah gastrointestinal selama kehamilan.
  • Nitrat dalam bit bisa membuat Anda merasa lemas saat hamil.
  • Minum jus bit mungkin akan mengurangi kinerja pita suara untuk sementara waktu.
  • Kelebihan asupan bit dapat menyebabkan beeturia, yang menyebabkan tinja dan urine berwarna kemerahan.
  • Tingkat oksalat yang tinggi dalam jus bit dapat memperparah penyakit batu ginjal. Sebaiknya hindari minum jus ini jika anda menderita batu ginjal.

Cara Mengolah Buah Bit Untuk Ibu Hamil

Setelah dikupas kulitnya, bit bisa dimakan mentah (tanpa pengolahan sama sekali) atau dimasak sekadarnya untuk mengurangi kadar saponin yang menyebabkan jus bit berbusa saat diblender.

Hindari memanaskan dalam waktu lama karena dapat merusak khasiat anti-tumor dan anti-kanker di dalamnya.

buah bit kaya manfaat dan khasiat

Gambar umbi akar tanaman bit yang kaya akan manfaat


Untuk ibu yang sedang hamil, konsumsi jus buah bit 1 - 2 hari sekali sudah cukup memenuhi asupan nutrisi penting buah hati. Jangan lupa, bunda dan bayi juga membutuhkan asupan zat gizi lain dari makanan pokok untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang optimal.


3 Resep Jus Buah Bit Untuk Ibu Hamil

JUS BIT TOMAT WORTEL
Resep untuk 2 porsi
Bahan-bahan :
jus bit tomat wortel untuk ibu hamil
  • 50 g bit
  • 200 g tomat, potong-potong
  • 50 g wortel, potong-potong
  • 200 g jeruk, buang bijinya
  • 2 sdm madu
  • 100 ml air dingin

Cara membuat jus bit :
  • Potong-potong tomat dan wortel. Kupas buah bit dan jeruk.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses hingga halus.
  • Tuang jus ke dalam gelas saji. Segera diminum.

JUS BIT APEL WORTEL
Resep untuk 1 porsi
Bahan-bahan :
jus buah bit apel wortel untuk ibu hamil
  • 1 buah bit ukuran sedang
  • 50 g buah apel
  • 75 g wortel
  • 1 ruas jari jahe
  • 200 ml air dingin

Cara membuat jus bit :
  • Kupas lalu potong-potong bit dan wortel, masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan buah apel, air dingin dan jahe yang sudah dikupas.
  • Haluskan menggunakan blender.
  • Saring jus, sajikan segera.

4.5 from 10 reviews

Jus Buah Bit Bayam Pepaya


 
Jus Buah Bit Bayam Pepaya
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 2 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 36 kkal

Bahan-bahan :
  • 50 g bit
  • 150 g bayam merah
  • 200 g pepaya
  • 100 air dingin
  • 50 g es batu
Cara membuat jus bit :
  1. Kukus sebentar buah bit agar tidak banyak mengeluarkan busa saat di blender.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses hingga halus.
  3. Tuang jus ke dalam gelas saji.
  4. Sajikan jus bit selagi dingin.
Catatan :
Buah bit dan bayam merah sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta tumbuh kembang bayi karena kaya zat besi, vitamin dan bergam jenis mineral.

Mari berbagi :

tweet
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.