Manfaat Ajaib Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak perlu diragukan lagi : buah-buahan mengandung vitamin dan zat gizi yang sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh sehat, fit dan terhindar dari penyakit.

Nama sirsak sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak yang memiliki makna kantung asam. Mungkin karena pengaruh zaman kolonial belanda sehingga muncul istilah asing dari Negara Kincir Angin tersebut. Umumnya sirsak diolah menjadi jus buah, es buah dan olahan minuman segar lainnya.

Khasiat dan manfaat buah sirsak bisa dilihat dari jumlah vitamin C yang dominan, yaitu 20 mg per 100 g bahan. Buah berduri ini tergolong jenis buah yang rendah lemak, buktinya hanya ada 0,3 g lemak per 100 g bahan. Dibanding konsumsi secara langsung, jus sirsak memiliki keunggulan tersendiri yaitu penyerapan gizi dan nutrisi oleh tubuh lebih cepat serta optimal.

manfaat sirsak dibuat jus

Salah satu bukti keanekaragaman bahasa di Indonesia adalah nama buah ini. Di daerah Bali disebut buah srikaya jawa, di Aceh disebut deureuyan belanda, di Sulawesi Utara disebut nangka walanda dan di Jawa sendiri disebut nangka londo.

Kandungan zat gizi paling banyak dalam buah sirsak adalah karbohidrat dimana salah satu jenis karbohidrat tersebut adalah gula pereduksi yaitu glukosa dan fruktosa. Kadar kedua jenis gula alami tersebut berkisar 81,9% - 93,6% dari kandungan gula total.

Saat ini di Indonesia dikenal dua jenis sirsak yang berbeda rasanya. Pertama buah sirsak yang rasanya manis asam dan banyak bijinya. Jenis ini paling banyak ditemui dan bisa tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah anda.

Jenis kedua disebut sirsak ratu yang ditemukan di daerah Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Ciri-cirinya : rasanya manis, daging buahnya lengket di lidah, dan bijinya sedikit. Keduanya memiliki manfaat bagi kesehatan yang cenderung sama dan tentu lebih enak jika diolah menjadi minuman jus buah.

buah sirsak matang

Buah sirsak yang sudah matang siap diolah


Seperti halnya buah-buahan lain, sirsak juga mengandung fitronutrien ( fitokimia ). Fitonutrien sendiri merupakan komponen pada tumbuhan yang tidak termasuk dalam zat gizi namun memiliki peran dan fungsi sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Baca juga : Aneka Olahan Minuman Sehat Dari Daun Sirsak

Jenis senyawa fitokimia dalam buah sirsak adalah flavonoid, polifenol, saponin dan beberapa asam organik non-volatil yang memberikan rasa asam pada sirsak. Jenis asam tersebut adalah asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Semua jenis zat non-gizi di atas memiliki fungsi kegunaan tersendiri untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, sehat, serta menangkal berbagai macam penyakit, terutama penyakit akibat radikal bebas.


Apa Saja Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan?

  1. Merawat kulit agar tetap sehat dan kenyal
    Sirsak kaya akan antioksidan, manfaat sirsak untuk kecantikan adalah memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Vitamin C pada buah ini berperan untuk merangsang pembentukan kolagen sehingga kulit tetap kenyal, tidak mudah kering, dan memperlambat proses penuaan.

    Tentu konsumsi sirsak dalam bentuk ekstrak, sari buah ataupun olahan lain sangat berguna bagi anda (khususnya wanita) yang peduli akan penampilan.
  2. Menyembuhkan masalah kulit
    Jus sirsak sangat bagus untuk membersihkan darah dan juga menghilangkan racun dan kotoran yang mengendap di lapisan kulit. Efeknya, kulit akan terjaga kesehatannya serta terhindar dari masalah jerawat, bintik hitam, dan berbagai macam masalah kulit lainnya.

    Fitronutrien dalam buah sirsak dapat memicu produksi fibrinogen sehingga mendorong penyembuhan luka di permukaan kulit lebih cepat.
  3. Berguna untuk mencegah penyakit hipertensi
    Dengan kadar natrium yang rendah tetapi tinggi akan kalium, buah sirsak dapat mencegah munculnya penyakit hipertensi.
  4. Membunuh sel kanker tanpa efek samping
    Fitokimia pada sirsak memiliki khasiat sebagai antioksidan alami. Perpaduan beragam senyawa fitokimia pada buah ini mempunyai cara kerja unik yaitu membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel tubuh yang sehat. Sehingga tidak ada efek samping atau dampak buruk yang akan mengganggu kesehatan tubuh anda.
  5. Buah sirsak kaya akan serat pangan
    Serat pangan (dietary fiber) berfungsi untuk memperlancar pencernaan, mengatasi sembelit, serta mengurangi rasa nyeri, sakit, dan tidak nyaman akibat susah buang air besar.

    Dalam 100 gram daging buah sirsak terdapat 3,3 gram serat, jumlah ini sudah mampu mencukupi 15% kebutuhan serat pangan dalam sehari. Sirsak juga termasuk buah yang baik untuk diet menurunkan berat badan.
  6. Sirsak bermanfaat untuk pembentukan tulang
    Adanya kandungan dua jenis mineral yaitu kalsium dan fosfor dalam komposisi tepat sangat berguna untuk membentuk masa tulang. Efeknya, tulang akan lebih kuat dan pengeroposan bisa diperlambat.
  7. Mencegah infeksi saluran kemih
    Sebagai buah sumber vitamin C, konsumsi sirsak bermanfaat untuk meningkatkan keasaman urin dan membersihkan bakteri berbahaya dalam saluran kemih.
  8. Baik untuk sistem kekebalan tubuh (immune system)
    Zat gizi dan non-gizi dalam sirsak berkhasiat untuk memelihata kesehatan tubuh sehingga tidak mudah sakit dan selalu fit.
  9. Mencegah komplikasi pada ibu hamil
    Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa konsumsi bahan makanan yang mengandung folat membantu mencegah insufisiensi pada wanita yang sedang hamil. Kekurangan mineral folat saat kehamilan berisiko menimbulkan cacat lahir pada bayi serta keguguran.
  10. Manfaat lain buah sirsak yaitu mengatasi susah BAB, meringankan pra menstruasi sindrom (PMS), mencegah kram kaki, membantu tubuh memproduksi energi, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), mencegah migrain, bersifat diuretik, meningkatkan kualitas tidur, meringankan demam dan flu, mencegah terjadinya peradangan, mengatasi diabetes, dan berkhasiat untuk mengobati wasir.

Adakah Efek Samping Jika Mengkonsumsi Jus Sirsak Setiap Hari?

Berdasarkan sejumlah penelitian, sebagian besar orang yang melakukan terapi kesehatan dengan jus sirsak mengalami panas dingin pada tubuhnya. Efek samping tersebut muncul jika bahan pembuat jus yaitu daging buah sirsak jumlahnya lebih dari 100 gram.

Untuk mencegah efek panas dingin yang mungkin muncul, tambahkan agar-agar sebagai campuran jus buah.


Aneka Cara Mengolah Buah Sirsak Matang

Sirsak bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar, namun tidak semua orang menyukainya karena rasanya memang sedikit asam.

Membuat sari buah sirsak
Untuk membuat sari sirsak, caranya sangat mudah dan sederhana. Pertama buang bijinya, masukkan daging buah sirsak ke dalam blender. Tambahkan air matang secukupnya, haluskan.

sari buah sirsak

Gambar sari buah sirsak


Kemudian peras airnya memakai kain kasa, saringan kopi atau alat penyaring sederhana lainnya. Anda juga bisa memeras daging buahnya langsung tanpa proses memblender terlebih dahulu.

Jika air perasan buah sirsak sudah terkumpul banyak, anda bisa menambahkan pemasis seperti gula sesuai selera. Mudah bukan?

Resep jus sirsak untuk kecantikan
Seperti sudah dijelaskan di atas, buah sirsak memiliki manfaat bagi kulit karena mampu membantu pembentukan kolagen. Dua bahan campuran jus yaitu taoge dan stroberi memiliki khasiat memelihara intergitas membran sel kulit berkat vitamin E yang berlimpah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 100 g sirsak, 100 g taoge, dan 200 g stroberi.

Cara membuatnya : ambil sari taoge dan sari buah stroberi (caranya seperti di atas). Kemudian masukkan ke dalam blender, tambahkan sirsak yang sudah dibuang bijinya. Haluskan.

4.5 from 13 reviews

Es Buah Sirsak Aneka Warna


 
Es Buah Sirsak
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 4 porsi
Ukuran sajian : 4 gelas saji
Kalori per sajian : 229 kkal

Bahan-bahan :
  • 1 bungkus agar-agar bungkus warna putih
  • 3 gelas air bersih
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 tetes pewarna makanan warna merah
  • 1 tetes pewarna makanan warna hijau
  • 800 g daging buah sirsak
  • 1 sdm sirup grenadine
  • 1 sdm susu kental manis
  • Es serut secukupnya
Cara membuat es buah :
  1. Rebus agar-agar bersama 3 gelas air dan gula pasir hingga mendidih. Angkat, bagi menjadi dua.
  2. Tambahkan satu bagian dengan pewarna merah dan bagian lain dengan pewarna hijau, aduk rata.
  3. Biarkan mengeras, kemudian serut memanjang masing-masing agar-agar. Sisihkan.
  4. Masukkan sirsak, es serut dan agar-agar serut kedalam gelas saji.
  5. Tambahkan sirup grenadine dan susu kental manis.
  6. Sajikan es sirsak selagi dingin.
Catatan :
Resep es buah sirsak ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Kombinasi bahan-bahan pembuatnya akan memberikan sensasi rasa yang enak dan lezat untuk siapa saja.

Mari berbagi :

tweet
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Ulasan resep lain yang banyak dicari :

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.