Resep Membuat Sari Buah Sirsak Sederhana

Olahan ekstrak buah sirsak terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Mulai dari menjaga sistem kekebalan tubuh sampai melawan aneka macam penyakit. Cara membuat sari buah sirsak sebenarnya sangat sederhana dan mudah. Karena memang tidak diperlukan alat maupun bahan khusus yang susah dicari.

Kunci utama dalam mengolah sari sirsak adalah kebersihan perlengkapan yang digunakan untuk proses pengolahan. Sedangkan untuk pengawetan, bisa menggunakan asam sitrat atau sitrun yang sudah terbukti aman sebagai bahan pengawet makanan maupun minuman.

cara membuat sari sirsak sederhana

Gambar olahan minuman sehat dari sari buah sirsak


Sirsak merupakan buah yang kaya antioksidan. Manfaat buah ini adalah mampu menangkal radikal bebas penyebab aneka penyakit. Tidak hanya itu, buah sirsak juga berkhasiat untuk mengobati diabetes, penyakit batu empedu, asam urat, batu ginjal, disentri, osteoporosis, dan kanker.

Pengolahan sirsak tidak sebatas pada buahnya saja, daun tanaman ini juga bisa diolah menjadi teh herbal daun sirsak. Manfaat meminum teh herbal ini sangat beragam, mulai dari memperbaiki kekebalan tubuh sampai membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

Karena khasiat tanaman ini yang sungguh mengagumkan, jadi jangan heran apabila ekstrak buah sirsak sudah banyak dikemas dalam bentuk produk kesehatan. Baik dalam bentuk kapsul (pil) atau pun dalam bentuk cair seperti sirup dan minuman kemasan.


4.5 from 12 reviews

Sari Buah Sirsak Sederhana


 
Sari Buah Sirsak
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 4 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 528 kkal

Bahan-bahan :
  • 1 buah sirsak matang
  • 1 ons gula pasir
  • ¼ sendok teh asam sitrat
  • 4 gelas air bersih
Cara membuat sari buah sirsak :
  1. Belah sirsak matang menjadi 4 bagian, ambil daging buahnya lalu buang bijinya.
  2. Peras daging buah sirsak memakai kain bersih sampai sari buahnya keluar sebanyak mungkin.
  3. Campur sari buah sirsak dengan air bersih. Aduk-aduk sampai tekturnya berubah encer.
  4. Masukkan gula dan asam sitrat (sitrun) ke dalam campuran tadi. Saring memakai kain halus yang bersih.
  5. Siapkan botol bersih dan steril, masukkan larutan ke dalamnya. Tutup rapat.
  6. Kemudian botol direndam dalam air mendidih selama 20 menit untuk membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, dan jamur.
  7. Angkat botol, diamkan sampai dingin. Simpan selama beberapa hari untuk proses inkubasi jasad renik.
  8. Setelah dibiarkan beberapa hari sampai satu minggu, sari buah sirsak siap disajikan.
Catatan :
Kebersihan perlengkapan yang digunakan untuk membuat sari buah sirsak harus benar-benar diperhatikan. Sedangkan pengawet, bisa memakai asam sitrat atau asam sitrun yang sudah terbukti aman sebagai bahan pengawet minuman.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang namun ingin menikmati khasiat sari buah sirsak, silahkan membeli ekstrak sirsak dalam bentuk kemasan. Pastikan memilih produk herbal yang sudah resmi yaitu terdaftar di Badan pengawas obat dan makanan (BPOM).

Mari berbagi :

tweet
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Ulasan resep lain yang banyak dicari :

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.