Resep Es Cendol Segar Istimewa Khas Bandung

Resep minuman segar asli dari kota Bandung ini dikenal dengan nama es cendol atau es dawet. Bahan utama pembuat cendol yaitu tepung beras dan daun pandan. Pada olahan minuman dawet ini, daun tanaman pandan berfungsi sebagai pewarna alami sekaligus menambah aroma harum yang menggugah selera.

Cara membuat es cendol yang enak dan segar bisa ditambahkan kinca nangka dan gula merah sebagai pemanis. Inilah bahan rahasia yang akan menambah cita rasa olahan cendol buatan Anda.

4.5 from 12 reviews

Resep Es Cendol Segar Istimewa


 
Resep Es Cendol Segar Istimewa
Persiapan
30 menit
Pengolahan
30 menit
 
Resep untuk : 8 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 283 kkal

Bahan cendol :
250 gram tepung beras 2 sdm tepung tapioka 1 sdt pasta daun pandan 1/2 sdt garam dapur 500 ml air bersih
Bahan kuah dawet :
1 liter santan kelapa 100 gram gula pasir
Bahan kinca nangka :
10 butir nangka matang, potong-potong 200 ml air bersih 500 gram gula merah, iris-iris 4 sdm gula pasir 2 sdt tepung maizena, larutkan
Bahan pelengkap es cendol :
Potongan es batu Tape ketan hitam
Cara mengolah bahan untuk membuat es cendol :
Cendol : Campur tepung beras, tapioka, pasta daun pandan, dan garam, kemudian seduh dengan air bersih agar menjadi adonan. Masak air bersih hingga mendidih, lalu tuangkan adonan tadi. Aduk rata dan diamkan adonan dengan api sedang. Siapkan es batu dan air matang, masukkan ke dalam wadah baskom atau sejenisnya. Letakkan cetakan cendol di atasnya. Tuang adonan cendol panas ke dalam cetakan, tekan dengan sendok hingga butiran cendol keluar dan jatuh ke dalam baskom berisi air es. Diamkan selama 60 menit hingga tekturnya kenyal (tidak mudah hancur). Saring dan tiriskan. Kuah dawet : Campur gula pasir dan 1 liter air, masak di atas api kecil. Aduk-aduk perlahan, sampai gula larut dan tercampur rata. Angkat dan saring. Kinca nangka : Campur air, gula merah, dan gula pasir, masak dengan api sedang sampai mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk rata. Angkat dan diamkan beberapa saat sampai dingin. Setelah dingin, masukkan potongan buah nangka. Siapkan gelas saji, masukkan cendol. Tambahkan tape ketan, kuah dawet, kinca, dan es batu secukupnya. Sajikan es cendol segar untuk delapan porsi.
Catatan :
Resep es cendol spesial khas daerah garut ini bisa menjadi minuman pelepas dahaga yang cocok saat udara panas, atau bisa menjadi inspirasi usaha kuliner yang menguntungkan.

Mari berbagi :

tweet
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Ulasan resep lain yang banyak dicari :

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.