Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker

Untuk membuat teh daun sirsak, anda bisa menggunakan daun segar yang baru dipetik atau daun kering yang sebelumnya sudah dijemur selama 3 hari. Cara mengolahnya cukup sederhana, yaitu dengan merebus daun sirsak sampai air rebusannya berwarna kecoklatan. Sedangkan cara mengkonsumsinya, tinggal tambahkan bahan pemanis seperti gula pasir atau madu dengan takaran sesuai selera.

Dari segi medis, hasil studi atau penelitian modern mengungkap manfaat daun sirsak bagi kesehatan terbukti mampu membunuh sel kanker serta menyembuhkan berbagai penyakit ganas seperti kista, diabetes, hipertensi, stroke serta berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan radikal bebas.

Adanya timbunan radikal bebas biasanya disebabkan oleh polusi lingkungan dan asupan makanan yang tidak sehat. Efek buruk radikal bebas bisa mengakibatkan kerusakan sel sehingga mempercepat penuaan kulit dan memicu penyakit. Olahan minuman daun sirsak baik berupa teh herbal, ramuan jamu maupun jus sehat kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

cara merebus daun sirsak menjadi minuman teh herbal

Olahan herbal teh daun tanaman sirsak kering yang kaya manfaat


Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia karena tanaman sirsak (Soursop) bisa ditemukan dengan mudah dan kita bisa memanfaatkan daunnya sebagai obat tradisional, ramuan herbal atau olahan teh secara gratis.

Khusus bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk merebus daun tanaman sirsak, sudah ada beragam produk kesehatan yang berbahan dasar ekstrak daun sirsak. Yang perlu dicatat, ikuti aturan minum dan cara penyajiannya, serta pilihlah produk herbal yang sudah diakui Badan POM agar supaya kualitasnya terjamin.

Beragam penelitian modern sudah berhasil membuktikan khasiat ekstrak daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat menemukan hasil positif tentang manfaat daun sirsak untuk anti-kanker.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pengujian sudah pernah dilakukan Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM).


A. Manfaat Olahan Daun Sirsak Jika Diminum Secara Teratur

  1. Membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu kesehatan organ tubuh lain.
  2. Tidak seperti obat kemoterapi, minum ramuan obat daun sirsak tidak menimbulkan efek kerontokkan rambut, penurunan berat badan atau mual-mual.
  3. Manfaat daun sirsak juga bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh (immune system), sehingga sangat cocok untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah mengalami sakit.
  4. Menjaga kestabilan gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes maupun tekanan darah tinggi (hipertensi).
  5. Membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga dapat mengobati stroke ringan, sakit punggung, eksim, wasir, kista, rematik dan asam urat.
  6. Sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor.
  7. Sifat penyembuhan dalam daun ini juga berguna sebagai obat anti-kejang serta menurunkan demam atau flu.
  8. Konsumsi teh daun sirsak secara teratur berguna dalam meningkatkan stamina, mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Kandungan gizi dalam 100 gram daun sirsak yaitu 65 kkal energi, 1 g protein, 0.3 g lemak, 16.3 g karbohidrat, 27 mg fosfor, 14 mg kalsium, 0.6 mg zat besi, 0.07 mg vitamin B1, 1.0 retinol equivalen, 0.04 mg vitamin B2, 20 mg vitamin C, 14 mg natrium, 0.7 mg niacin, 278 mg kalium, dan serat pangan sebanyak 3.3 gram.

daun tanaman sirsak yang kaya manfaat kesehatan

Gambar daun sirsak masih menempel di pohonnya - Foto dokumentasi pribadi


Selain diolah menjadi ramuan obat, daun sirsak segar juga bisa dibuat minuman jus sehat yang enak, kaya nutrisi dan bergizi tinggi. Cara mengkonsumsi jus daun sirsak yang benar sebaiknya langsung di minum setelah selesai dibuat, jangan didiamkan terlalu lama karena kandungan gizi dan nutrisi penting di dalamnya bisa berkurang akibat oksidasi.

Namun apabila karena suatu hal olahan jus tidak bisa segera diminum, maka simpanlah dalam botol atau wadah kedap udara. Jika disimpan pada lemari pendingin bisa bertahan baik selama 24 jam, sedangkan pada suhu ruangan hanya sampai 6 jam saja sebelum khasiatnya berkurang perlahan.



B. Cara Membuat Jus Daun Sirsak Segar

Jus sehat daun sirsak murni
resep jus sehat dari daun sirsak
Bahan-bahan :
  • 50 g daun sirsak segar
  • 1 sdm madu
  • 150 cc air putih matang
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus daun sirsak:
  • Gunakan air mengalir untuk membersihkan permukaan daun sirsak. Pastikan tidak ada noda dan kotoran yang menempel pada permukaan daunnya.
  • Masukkan daun sirsak bersih dan air putih ke dalam blender, proses hingga halus.
  • Tuang ke dalam gelas, tambahkan madu sebagai pemanis.
  • Jika suka, tambahkan juga potongan es batu agar jus daun sirsak lebih segar.
  • Olahan resep jus daun sirsak ini sangat baik untuk kanker, baik mencegah munculnya bibit-bibit penyakit maupun mengobati (membunuh) sel kanker yang bersemanyam dalam tubuh. Berkat kandungan zat Acetogenin yang terbukti 10 ribu kali lebih kuat untuk obat kanker dibanding adriamycin (obat yang dipakai untuk kemoterapi).

Green smoothies daun sirsak mix buah
resep smoothies dari daun sirsak
Bahan-bahan :
  • 1 genggam daun sirsak
  • 100 gram buah kiwi
  • 100 gram buah jeruk
  • 1 potong jahe
  • 1 sdt biji kenari

Cara mengolah green smoothies :
  • Daun sirsak yang masih segar dicuci sampai bersih kemudian potong kecil-kecil. Buah jeruk manis diambil sarinya, bisa diperas manual atau memakai alat juice extractor.
  • Siapkan mesin blender, masukkan potongan daun sirsak, sari jeruk, buah kiwi, dan jahe.
  • Blender hingga halus dan rata.
  • Tuang smoothies ke dalam gelas, tambahkan topping kenari.
  • Jika suka, tambahkan potongan es batu aau es serut agar lebih segar.
  • Olahan green smoothies daun sirsak campur buah ini mengandung zat antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Menurut penelitian medis, konsentrasi radikal bebas dalam tubuh merupakan pemicu munculnya berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, ginjal, hati, tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, kanker serta masalah penuaan dini akibat kerusakan sel kulit.


C. Cara Merebus Daun Sirsak Untuk Obat Herbal

Secara umum, ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari rebusan daun ini. Yaitu ramuan dari daun yang masih segar (baru dipetik) dan ramuan teh daun sirsak kering. Proses pengolahan daun kering dimulai dengan menjemur daun segar selama kurang lebih tiga hari (tergantung kondisi cuaca).

Sebaiknya memilih daun yang tidak terlalu tua, bersih, tidak cacat, dan tidak berlubang di sana-sini. Baik daun kering maupun daun segar keduanya sama-sama kaya akan manfaat dan khasiat luar biasa berkat kandungan mineral, enzim, dan vitamin di dalamnya.

Cara mengolah daun sirsak segar
+ resep untuk 1 porsi
Bahan-bahan :
Ramuan herbal daun sirsak untuk obat
  • 3 - 5 lembar daun segar
  • 4 gelas air bersih
  • Gula atau madu sebagai pemanis

Cara mengolahnya :
  1. Rebus daun segar bersama 4 gelas air bersih, gunakan api sedang.
  2. Tunggu beberapa saat sampai airnya tersisa 1 gelas saja.
  3. Sajikan dengan pemanis, minum sekaligus.
Catatan : Jangan mencampur ekstrak daun sirsak (cair atau pun padat) dengan jamu, obat-obatan, maupun ramuan herbal lain karena beresiko terjadi ketidakcocokan kimia.

4.5 from 17 reviews

Teh Daun Sirsak Kering


 
Resep Teh Daun Sirsak Kering
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 68.9 kkal

Bahan-bahan :
  • 5 - 7 daun yang sudah kering
  • 1 liter air bersih
  • Pemanis seperti gula atau madu
  • Panci atau ketel untuk merebus daun sirsak
Cara membuat teh daun sirsak :
  1. Rebus 1 liter air memakai panci, ketel atau ceret.
  2. Setelah air mendidih, masukkan daun sirsak kering dan kecilkan panas api.
  3. Rebus selama kurang lebih 20 menit, pastikan memakai api kecil.
  4. Matikan kompor. Biarkan teh dingin, dan siap disajikan.
Catatan :
Resep ramuan teh daun sirsak ini cukup untuk tiga porsi (masing-masing 250 ml). Sebaiknya teh dihabiskan dalam satu hari (3 kali minum), buang sisa teh rebusan daun sirsak jika tidak habis dalam sehari. Simpan dalam lemari es agar khasiatnya lebih tahan lama.


D. Bagaimana Cara Konsumsi Daun Sirsak Yang Benar?

Apabila ingin memanfaatkan olahan herbal ini sebagai jamu atau obat kista, kanker, rematik dan asam urat, darah tinggi, diabetes, wasir, keputihan maupun untuk sakit ringan akibat daya tahan tubuh menurun, sebaiknya ikuti aturan minum yaitu dimulai dengan meminum satu gelas saja per hari. Untuk anak-anak, kurangi dosisnya sampai ½ gelas per porsi.

Setelah beberapa hari, tambah porsinya menjadi dua gelas per hari yaitu pagi dan sore hari. Cara ini dilakukan agar tubuh tidak kaget dan bisa menyerap khasiat yang terkandung dalam ramuan daun sirsak secara optimal.

Dan pada hari ke tiga, Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari. Minumlah teh daun sirsak secara teratur 3 hari dalam seminggu sampai gangguan kesehatan yang Anda derita sembuh. Awali dengan berdoa, sesungguhnya obat hanyalah perantara. Kesembuhan datangnya dari Tuhan semata.

Mari berbagi :

tweet
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Ulasan resep lain yang banyak dicari :

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.