Resep Jus Pepaya Nanas Untuk Jantung Sehat

Pepaya menjadi salah satu tanaman buah favorit karena mudah dibudidayakan.

Cara mengolahnya menjadi jus buah pepaya bisa dikombinasikan dengan buah-buahan lain yang cocok sehingga rasanya enak, misalnya buah nanas.

Jus pepaya campur nanas memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung berkat kandungan tiga antioksidan di dalamnya.

Ketiga zat antioksidan tersebut adalah vitamin C, likopen, dan beta karoten yang mampu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol.

Seperti diketahui bahwa kolesterol yang teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah yang kemudian dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Tidak hanya unggul dalam hal manfaat, jus pepaya nanas ini juga enak diminum dan cocok dijadikan minuman segar pelepas dahaga.

Cara membuat jus pepaya campur buah nanas

Buah pepaya siap diolah menjadi jus pepaya campur nanas


Daun buah dan batang tanaman pepaya bisa dimanfaatkan untuk menjadikan daging lebih empuk. Bagi anda yang menyukai kuliner tentu hal ini sudah tidak asing lagi.

Dalam pepaya tekandung tiga jenis zat antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan jantung.

Vitamin C, fitokimia likopen, dan beta karoten secara bahu-membahu akan mencegah serangan jantung dan stroke akibat oksidasi kolesterol (penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah).

Selain berkhasiat menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat mengurangi resiko dinding kapiler kaku dan membersihkan pembuluh darah sehingga aliran darah yang akan dipompa oleh jantung berjalan lancar tanpa hambatan.

Kandungan vitamin C pada buah pepaya rata-rata dua kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk manis dan 48 kali lebih banyak dibandingkan buah apel.

Mengkonsumsi jus pepaya dari 100 g bahan buah sudah mencukupi angka kecukupan vitamin C yang dianjurkan per hari untuk orang dewasa.


Manfaat Jus Pepaya Campur Nanas Untuk Kesehatan Jantung

Jus buah pepaya yang dicampur nanas memiliki manfaat utama untuk merawat kesehatan jantung, mencegah terjadinya serangan jantung maupun stroke.

Hal ini bukan tanpa alasan.

Adanya tiga jenis zat antioksidan dan enzim papain yang berguna meningkatkan kesehatan otot akan membantu kinerja jantung dalam memompa darah.

Enzim papain juga berguna untuk membantu proses penyembuhan luka serta mempercepat pencernaan protein. Sedangkan karpain berfungsi untuk mengurangi resiko serangan jantung, antiamuba, dan peluruh cacing.

Jus pepaya juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus mencegah konstipasi atau sembelit. Mengobati disentri, rematik, sariawan, infeksi, dan permasalahan pada produksi lendir.

Apabila dicampur dengan buah mangga manfaatnya adalah sebagai antikanker, mengurangi pembengkakan, peradangan serta menurunkan demam.

Hampir semua buah-buahan berwarna merah - termasuk pepaya - memiliki kadar vitamin A tinggi sehingga baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, biji buah pepaya mengandung zat glucoside cacirindana karpian yang berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan mencegahnya berwarna kusam.

5 from 26 reviews

Jus Pepaya Nanas


 
Jus Pepaya campur Nanas
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 70 kkal

Bahan-bahan :
  • 75 gram pepaya
  • 75 gram nanas
  • 3/4 gelas air putih
  • Es batu (jika perlu)
Cara membuat jus pepaya nanas :
  1. Kupas lalu iris kecil-kecil (bentuk dadu) nanas dan pepaya agar mudah hancur.
  2. Masukkan ke dalam gelas blender bersama air putih. Proses sampai halus.
  3. Jika perlu, sajikan dengan menambahkan es batu di atasnya.
Catatan :
Resep jus pepaya campur buah nanas rendah kalori dan berkhasiat untuk menjaga jantung tetap sehat sekaligus menjauhkan anda dari penyakit jantung koroner.
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.