Cara Membuat Wedang Jahe Sereh Super Hangat Dan Sehat

Minuman jahe sudah lama dimanfaatkan sebagai penghangat alami disaat musim hujan seperti sekarang ini. Resep membuat wedang jahe juga sangat sederhana, anda bisa mengolah nya dengan bahan lain sesuai selera.

Untuk resep yang satu ini, kami memanfaatkan tumbuhan beraroma harum khas indonesia yaitu sereh atau serai. Selain enak untuk diminum, campuran jahe dan sereh juga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti pilek, sakit kepala sampai menghilangkan rasa nyeri di bagian senti dan otot.

minuman jahe campur serai

Bahan utama minuman yaitu rimpang jahe dan batang serai


Anda juga bisa menggunakan bahan tradisional lain sebagai campuran resep semisal kayu manis, kapulaga, cengkeh atau daun pandan. Namun dari bahan-bahan tersebut, serai lah yang paling mudah didapatkan karena tersedia di pasar tradisional, kebun atau pekarangan rumah maupun warung sebelah rumah anda. Selain itu, harganya lebih murah dengan khasiat kesehatan yang tidak kalah banyak.

Manfaat tumbuhan serai yang belum anda ketahui diantaranya :

  1. Baunya yang khas bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dengan diolah dahulu menjadi minyak atsiri atau langsung ditumbuk agar aromanya keluar.
  2. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri dalam sereh bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi pada usus, lambung dan saluran kemih.
  3. Sedangkan senyawa analgesik yang ada pada tanaman serai berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri di bagian kepala, otot maupun persendian.
  4. Untuk anda yang sedang menderita demam, sifat anti-piretik sereh sangat berguna untuk menurunkan panas tubuh secara alami.

Jadi, sangat disarankan untuk menyertakan serai dalam resep wedang jahe buatan anda mengingat manfaat tanaman ini yang sungguh mengagumkan.


4.5 from 11 reviews

Wedang Jahe Hangat Campur Sereh


 
Wedang Jahe Hangat Campur Sereh
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 240 kkal

Bahan-bahan :
  • 50 gram jahe segar
  • 3 batang serai ukuran sedang
  • 500 ml air bersih
  • Gula pasir secukupnya
Cara membuat jus :
  1. Bersihkan jahe dan batang sereh dari kotoran maupun tanah yang masih menempel memakai air mengalir.
  2. Tumbuk (peprek) sampai hancur jahe dan serai yang sudah dibersihkan tadi. Anda bisa memotongnya terlebih dahulu agar mudah dihancurkan.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam panci kemudian rebus dengan 500 ml air yang sudah disediakan.
  4. Sebelum diangkat, kurangi panas api selama 10 menit agar minuman jahe matang dengan sempurna.
  5. Angkat dan sajikan dengan gula pasir sebagai pemanis wedang jahe.
Catatan :
Selain mampu menghangatkan tubuh, resep wedang jahe di atas juga memiliki aroma harum yang khas berkat campuran tanaman serai. Jangan lupakan manfaat kesehatan alami dalam rempah jahe yang berguna sebagai antikanker, antikuman sekaligus antibakteri.

Mari berbagi :

tweet
Tahukah anda? 8 dari 10 orang Indonesia tidak menyadari manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas jus sehat? Luangkan waktu sejenak untuk berbagi ilmu dan informasi berharga ini melalui sosial media.
Notes :
1 gelas = 250 ml (mililiter ) air
1/2 gelas = 125 ml
1 gelas plastik air mineral = 240 ml

Cara membuat sirup gula :
Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

Ulasan resep lain yang banyak dicari :

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.